Android

Wow, Nokia Punya Gebrakan Baru di Kamera


Nokia boleh dibilang adalah pelopor kamera ponsel. Di masa jayanya, merek asal Finlandia ini lekat dengan lensa Carl Zeiss, terutama untuk flagship kamera ponsel seperti Lumia 1020 dan PureView 808. 

Kini, Nokia kembali ke pasar smartphone dan ingin membuat gebrakan. Namun akan ada banyak hal berubah, salah satunya dengan tidak lagi menggunakan lensa Carl Zeiss. Informasi ini terungkap dari pertanyaan dari seorang follower di akun resmi Twitter Nokia.


"@nokiamobile I know that, but do you still have old Nokia PureView imaging technolgy & Carl Zeiss optics? a simple yes or no would suffice," kata akun Twitter @___Dhruv___
Dia bertanya apakah Nokia yang sekarang masih akan mempertahankan teknologi PureView dan optik Carl Zeiss. Dan Nokia melalui akun Twitter @nokiamobile menjawab tidak. 


"@___Dhruv___ We're no longer using Carl Zeiss technology," sebutnya. 


Pertanyaan lainnya adalah mengenai PureView. Banyak fans Nokia menginginkan smartphone terbaru Nokia menggunakan teknologi ini. Sedikit kilas balik, PureView dulu sempat mengejutkan publik dengan lensa 41 megapixel yang dibenamkan di Lumia 1020. 


Karena teknologi ini, banyak yang menyebut teknologi pada Lumia 1020 sebagai kamera monster. Untuk pertama kalinya saat itu, hasil jepretan kamera ponsel dibandingkan dengan kamera DSLR. 
Namun tentu saja, Nokia yang saat ini lisensinya dipegang oleh HMD Global tak bisa menggunakan PureView lagi, karena teknologi tersebut dimiliki oleh Microsoft yang dulu sempat memiliki divisi ponsel Nokia. 


Meski demikian, Nokia di bawah HMD Global bukan berarti tidak akan menghadirkan teknologi kamera yang canggih. Mereka hanya akan melakukan upgrade berbeda dari sebelumnya dengan teknologi sendiri, dan HMD Global berjanji akan menghadirkan kamera yang tak kalah bagus dari Nokia di jaman dulu. 


Nokia Mobile sendiri sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan melanjutkan investasi mereka dalam teknologi digital imaging, sama seperti yang dilakukan pembesut ponsel lainnya.