Android

Jadi Ponsel Fotografi, Oppo Sematkan Teknologi 5X Loseless Camera


Oppo merilis teknologi 5X Loseless Camerauntuk produk barunya yang tengah digarap. Bicara 5X Loseless Camera, teknologi ini diklaim Oppo menjadi pertama di dunia. Sebab baru mereka yang membawa kaca prisma ke ponsel. Sebelumnya kaca tersebut banyak diterapkan di kamera DSLR.

Hardware Director Oppo Dr King dalam peluncuran memaparkan asal muasal teknologi tersebut tercetus. Sejak tiga tahun lalu pihaknya ingin hasil jepretan ponselnya tidak sekadar cantik dan terlihat jelas. Namun juga dapat menangkap emosi di dalamnya. 

Solusinya dengan zoom, hanya saja ketika melakukannya kualitas gambar jadi tidak begitu baik. Riset pun dijalankan agar bisa melakukan zoom dengan hasil setara kamera digital.



Lebih kurang 380 hari dengan mengerahkan 106 engineer, Oppo akhirnya berhasil mendapatkan solusi yang mampu zoom lebih baik sekaligus tidak membuat bodi ponsel tebal.

Oppo membuat dua kamera yang masing-masing menggunakan lensa wide-angle dan telephoto. Pada lensa telephoto tersebut, Oppo menggunakan struktur periskop yang terinspirasi dari kapal selam.

Lensa tidak disusun secara vertikal seperti umumnya. Oppo malah menyusunnya horizontal agar tersedia ruang untuk melakukan zoom mendalam. Untuk membantu masuknya cahaya ke lensa, Oppo menggunakan solusi kaca prisma. 

Dengan memadukan wide angle dan telephoto ini, kemampuan zoom Oppo mencapai 5x. Sementara ponsel dual kamera lain hanya 2X.

"Lensa wide-angle akan mengambil objek secara utuh. Sementara lensa telephoto akan mengambil gambar dengan optical zoom 3X. Lalu kedua gambar disatukan dan ini setara dengan 5X zoom," kata King.

Oppo turut pula menyematkan solusi Optical Image Stabilization (OIS). Lagi-lagi vendor asal China ini mengambil langkah berbeda. Jika kebanyakan produsen ponsel menempatkan OIS pada lensa wide-angle, Oppo malah memasangnya di lensa telephoto. 

Alasannya prisma dan lensa telephoto mampu menangkap getaran secara menyeluruh dan langsung mengatasinya. Sehingga memastikan gambar tetap jelas dan stabil bahkan saat zoom sebanyak 5x. Oppo berani mengklaim peningkatannya mencapai 40%.

Menariknya dengan teknologi 5X Loseless Camera ini bodi ponsel Oppo bakal tetap tipis. Sebab ketebalan kameranya hanya 5,7 mm atau 10% lebih lebih tipis dari ponsel dua kamera dengan zoom 2X.

Sayangnya, Oppo belum memaparkan kapan teknologi ini bakal diterapkan di ponselnya. Tapi di pameran MWC mereka telah membuat ponsel prototipenya yang berjalan dengan baik. 

Jadi bukan tidak mungkin dalam beberapa bulan ke depan ponsel tersebut bakal melenggang ke pasaran. Setidaknya hadirnya 5X Loseless Camera makin meneguhkan Oppo sebagai vendor ponsel fotografi


"Terlepas dari perangkat yang diperkenalkan di MWC 2017, sesungguhnya kami sedang menyiapkan amunisi baru yang menawarkan keunggulan kamera pada perangkat ini," kata Media Engagement Oppo Indonesia Aryo Meidianto.

sumber: detik,net