Android

Siap-siap, Ada Teknologi Baterai Terbaru, Tahannya Sampai Seminggu




Penemu baterai lithium-ion pada ponsel kini menemukan sesuatu yang baru. Baterai solid baru tidak hanya lebih aman dibandingkan baterai yang ada saat ini.
Selain itu, baterai baru tersebut murah dibuatnya. Menariknya, baterai ini dapat menahan tiga kali lebih banyak pengisian. Artinya, Anda bisa pergi bepergian sampai enam hari tanpa harus memikirkan pengisian ponsel.
Uniknya, meski bisa bertahan lama, proses pengisian yang diperlukan pun jauh lebih cepat untuk menjadi penuh, hanya memakan waktu beberapa menit.
Teknologi baterai baru ini dikembangkan Profesor John B. Goodenough dari University of Texas di Austin. Lelaki berusia 94 tahun itu berpikir, penemuannya kali ini berlatar belakang dari penilaiannya yang kurang baik pada penemuan pertamanya
Baterai solid baru juga mampu menahan siklus pengisian yang lebih dari lithium-ion. Artinya, masa pakai baterai akan jauh lebih lama.
Teknologi ini dinilai banyak pihak sangat ideal untuk penggunaan pada mobil listrik. Pengisian cepat, hidup lebih lama dan kapasitas lebih besar hingga tiga kali, dimana secara teoritis membuat mobil listrik akan lebih baik daripada bahan bakar mobil bertenaga bensin.
Baterai baru menggunakan sodium daripada lithium, berarti mereka lebih ramah lingkungan dan lebih mudah tersedia.
Meskipun membutuhkan waktu hingga baterai anyar ini sampai ke pasar. Setidaknya bisa menjadi solusi dari kasus meledaknya beberapa ponsel dari merek besar, yang bersumber dari baterainya.