Android

Tiga Ponsel Nokia Legendaris yang Laku Digarap Lagi



Ponsel legendaris Nokia 3310 lahir kembali di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona, Spanyol. Ponsel ini dirilis oleh vendor Finlandia, HMD Global selaku pemegang merek Nokia 

Pertama kali diperkenalkan pada September tahun 2000, Nokia 3310 merupakan salah satu ponsel paling laku di dunia dengan angka penjualan total mencapai 126 juta unit secara global. Feature phonesederhana ini dikenal tangguh dan memiliki baterai awet.

Nokia 3310 bukan andalan satu-satunya dari pabrikan asal Finlandia tersebut. Sepanjang kiprahnya sebagai raja ponsel selama lebih dari satu dekade, Nokia telah banyak menelurkan model-model ponsel lain yang tak kalah menarik.
Berbeda dari smartphone modern yang memiliki bentuk fisik monoton -melulu didominasi layar touchscreen lebar- ponsel-ponsel jadul Nokia punya rancang bangun yang jauh lebih beragam. Ada yang serupa camcorder, ada juga yang digadang-gadang sebagai konsol game mini.
Nah, apa saja ponsel legendaris Nokia yang mungkin "layak" lahir kembali seperti Nokia 3310? Berikut ini 3 di antaranya.

1. Nokia N93i
Dirilis pada tahun 2007, Nokia N930 memiliki tiga macam bentuk yang berbeda berkat sejumlah engsel fleksibel yang tertanam di tubuhnya. 
Perangkat  ini bisa diatur agar berfungsi seperti ponsel lipat (flip phone) biasa. Bisa juga layarnya di angkat sehingga tampak seperti laptop mini dengan OS Symbian.
Yang tak kalah penting, kamera Nokia N93i yang memiliki resolusi 3,2 megapiksel dan sanggup merekam video lewat lensa yang ditempatkan di bagian engsel, sehingga bentuknya menyerupai camcorder, lengkap dengan tombol rekam.

2. N-Gage


Hadir sebagai perlambang upaya Nokia masuk ke industri game mobiledi awal abad ke-21, N-Gage merupakan gabungan konsol game portabel dan ponsel. Layarnya yang berbentuk persegi terletak di tengah, diapit d-pad (tombol arah) dan keypad numerik.
Di jantungnya, N-Gage adalah smartphone berbasis OS Series 60 yang sanggup menjalankan aneka game dari kartu memori layaknyacartridge mini yang diselipkan di dalamnya 
N-Gage sebenarnya gagal di pasaran dan tak sanggup bersaing dengan konsol game portabel sungguhan macam Nintendo Game Boy Advance ketika itu. Namun nama N-Gage terus hidup sebagai salah satu gadget ikonik Nokia.

3.Nokia 8110

Sering disebut "ponsel pisang" alias banana phone lantaran bentuknya yang panjang dan sedikit melengkung, Nokia 8110 beken setelah muncul dalam film The Matrix keluaran 1999.
Ponsel ini memiliki keypad yang tertutup cover berbentuk slider. Cover bisa digeser untuk menyingkap keypad sekaligus menggerakkan mikrofon di sisi bawah agar lebih dekat dengan mulut pengguna.
Berbeda dari yang digambarkan dalam film, cover keypad Nokia 8110 sebenarnya tidak bisa terbuka secara otomatis dengan bantuan per (spring). Kemampuan itu baru ditambahkan pada cover milik perangkat berikutnya, Nokia 7110.