Android

Miliarder Teknologi Ramai-ramai Sambangi Trump


BOGORTEKNO- Eksekutif top dan paling berkuasa di jagat teknologi berkumpul di Trump Tower di New York. Ya, mereka diundang oleh presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump.

Terlihat di sana nama-nama tenar seperti CEO Apple Tim Cook, CEO Google Sergey Brin, CEO Amazon Jeff Bezos, CEO Tesla Elon Musk, CEO Microsoft Satya Nadella sampai COO Facebook, Sheryl Sandberg. Mereka duduk semeja dengan Trump dan wakil presiden terpilih Mike Pence.

"Di dunia, tidak ada seorangpun yang seperti orang-orang di ruangan ini. Apapun yang bisa kami bantu, kami akan ada untuk kalian," sebut Trump yang dikutip detikINET dari CNN, Kamis (15/12/2016).

"Kalian menghubungi orang-orangku, kalian bisa juga menghubungiku. Tidak ada bedanya. Kita tidak punya komando formal di sini," tambah dia.

Trump sepertinya berusaha menenangkan para petinggi teknologi itu, yang sering gusar dengan pernyataannya. Pada masa kampanye, ia misalnya pernah berjanji menagih hutang pajak Amazon, mengurangi pekerja dari mancanegara sampai meminta Apple untuk kembali membuat pabrik di AS.

Trump dan para bos itu mendiskusikan soal lapangan kerja, imigrasi dan isu-isu soal China. Juga soal repratriasi aset dari luar negeri. Apple saja memiliki dana lebih dari USD 200 miliar yang diparkir di luar AS.

"Pertemuan hari ini sangat informatif dan produktif. Mereka mendiskusikan hal-hal penting seperti penciptaan lapangan kerja dan inovasi di AS," kata juru bicara Cisco, Andrea Duffy.


Sedangkan para petinggi yang datang hanya melenggang dan tidak memberi pernyataan pada media. Untuk alasan yang belum begitu jelas, petinggi Twitter tidak diundang dalam pertemuan tersebut. Padahal Trump sangat keranjingan menggunakan Twitter.